Suatu waktu ada schedule yang mengharuskan saya untuk bertatap muka dan  presentasi project satu event (notabene saya berkecimpung di dunia ‘Kreatif’ / event planner), dimana antara saya dan klien di hambat oleh jarak yang jauh dan mendadak (saat itu beda kota saya di Solo dan klien di Surabaya)  saya lalu langsung mengkoneksikan dengan layanan yang bagi saya sangat mumpuni untuk video call yaitu Lewat Yahoo Messenger. Hal ini pun sempat beberapa kali saya lakukan dibeberapa penawaran/revisi project yang urgent.

Tapi semuanya tidak serta merta jaringan berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, seringkali trouble dan jaringan lambat untuk akses browsing dan lain sebagainya.
Ya inilah yang seringkali jadi masalah yaitu “BANDWIDTH”. Ketika ada ganggungan pada jaringan internet milik saya, seringkali ada notifikasi bahwa jaringan sedang di perbaiki beberapa waktu kedepan.  Dalam hati “YA SUDAHLAH”... dalam hati saya berkata ‘MESIN JUGA PUNYA MASALAH dan BUTUH DIPERHATIKAN OLEH PARA AHLINYA” (seloroh saya dalam hati).
Keuntungan lain yaitu  dapat di aksesnya YouTube sebagai sarana penyedia video online memungkinkan saya untuk mencari ide-ide dalam beberapa project saya, menonton Trailer Film terbaru, serta menonton video-video klip terbaru milik band favorit saya tentunya.

Yang menjadi tren sekarang yaitu seperti yang saya lakukan tentunya memanfaatkan Jaringan sosial seperti Facebook & Twitter. Yang saya tidak duga dan tidak sengaja adalah menemukan sahabat kecil saya yang telah berpisah lebih dari 10 tahun dipertemukan lewat jejaring sosial. Kata yang harus saya ucapkan untuk jejaring sosial yaitu “TERIMA KASIH” silaturahmi antara teman, keluarga bahkan beberapa klien yang baru bisa saya temukan dan bangun lewat jaringan sosial ini.
Ketika saya di hadapkan pada pertanyaan yang berhubungan dengan internet. Selalu saya jawab Ya “Internet” telah menggenggam “Dunia”. Dalam hati saya berkata “internet telah menggenggam dunia NAMUN dengan bandwidth yang stabil”.


Salam 
-DOBRAK BANDWIDTH-